Mengenal Penyebab Dan Tips mengobati mata minus Secara Alami

03.09

    Mengenl penyebab dan tips mengobati mata minus secarea alami. Mata minus atau rabun yaitu kondisi dimana mata seseorang tidak dapat melihat suatu obyek dengan jelas. Sedangkan mata minus atau rabun dapat digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu rabun jauh dan rabun dekat. Rabun jauh adalah kondisi dimana mata seseorang tidak dapat melihat obyek dengan jarak yang jauh. Sedangkan rabun dekat kebalikan dari rabun jauh, yaitu tidak bisa meliihat obyek dengan jelas pada jarak yang dekat atau kecil seperti tulisan. Mata seperti lensa apabila baik maka akan memuncukkan gambar yang baik jika rusak (rabun atau minus) maka gambar yang dihasilkan tidak akan baik.
    Untuk penderita mata minus, biasanya akan disarankan oleh dokter untuk memakai kaca mata atau lensa kontak untuk membantu dalam penglihtan. Akan tetapi metode ini tidak akan membantu dalam mengurangi minus pada mata. Dan untuk sebagian orang memakai kacamata akan menganggu atau repot. Kita semua tentu tidak menginginkan mata minus, kita semua pasti menginginkanmata yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik tanpa alat bantu apapun. Untuk itu kita harus menjaga mata kita agar tetap sehat dengan mengenali penyebeb dari mata minus den menghindari hal-hat tersebuat. Dan apabila anda sedah mengalaminya sebaiknya melakukan langkah yang tepat untuk mengobatinya agat tidak semakin parah dan bisa kembali berfungsi seperti semula.

    Untuk itu disini saya akan berbagi mengenai mengenal penyebeb dan tips mengobati mata minus secara alami.

Mengenali penyebab mata minus

    Mengenali penyebab dari mata minus sangatlah berguna agar kita bisa menghindari hal tersebut sehinga kita tidak terkana penyakit mata minus. Berikut beberapa penyebab dari mata minus:

1.    Pola hidup yang tidak sehat
Penyebab utama dari mata minus adalah kebiasaan kita sehari-hari yang tidak sehat dan merusak mata. Seperti membaca buku dengan penerangan yang terlalu redup, membaca buku dengan posisi tiduran, itu akan membuat mata cepat lelah. Selain itu terlalu lama didepan komputer dan tv akan membuat mata bekerja keras, saraf  mata akan tegang, mata menjadi kering, dan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata lama kelamaan akan terbiasa dengan kondisi sehinga saat melihat obyek yang jauh akan buram. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang tingal dikota yang memiliki banyak bangunan dan gedung akan mempunyai resiko lebih besar terkena mata minus dibanding orang yang tingal didesa. Itu karena sebagian besar masyarakat kota menghabiskan waktu ditempat atau kegiatan yang jarak pandangnya tidak terlalu jauh.

2.    Kekurangan nutrisi
Pola makan kurang baik yang mengabaikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan mata adalah penyebab berikutnya sakit mata minus. Kerusakan pada mata karena kita kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti sayuran wortel, bayam, dab berbagai buah-buahan.

3.    Faktor keturunan atau genetika
Meskipun ini hanya sebagian kecil dari kasus yang ada saat ini akan tetapi ini juga perlu diwaspadai. Saat salah satu orang tua anda juga mengalami mata minus bisa dicurigai bahwa mata minus yang anda alami adalah sebuah penyakit yang diturunkan. Untuk yang belum terkena dan salah satu orang tua mengalaminhal tersebut yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga baik-baik sebelum terkena, karena biasanya keluarga seperti ini akan sangat mudah terkena.

Tips mengobati mata minus secara alami

1.    Hal pertama yang anda harus lakukan saat anda ingin menyembuhkan mata minus anda adalah membiasakan untuk mengunakan kaca mata pada saat membutuhkanya saja. Lepas kaca mata saat anda tidak mengunakanya seperti saat sedang santai, tiduran, mengorol, saat berada diruangan sempit dan lain sebagainya. Itu akan membiasakan mata untuk tidak terlalu tergantung dengan kacamata.

2.    Langkah kedua yang harus dilakukan adalah melatih mata agar bisa melihat objek dengan jelas. Caranya dengan melihat obyek sejauh mungkin dengan mata biasa atau tanpa bantuan kacamata. Selain itu usahakan obyek yang anda lihat menyejukan seperti pohon, sawah atau gunung, selain memiliki sudut pandang yang jauh itu juga akan memberikan rasa rileks. Selain itu untuk melatih mata juga bisa dilakukan dengan benda-benda yang bergerak. Contohnya  seperti jalan raya atau sungai, anda bisa mengamati banyak obyek yang bergerak. Dan saat anda mengamati obyek tersebut jangan gunakan kacamata dan berusahalah melihat obyek tersebut sejelas mungkin.

3.    Langkah yang ketiga untuk mengobati mata minus adalah dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tak sehat yang dilakukan seperti membaca buku dengan cahaya yang kurang atau sambil tiduran, menonton tv terlalu dekat, terlalu lama didepan komputer dan lv tanpa istirahat. Anda harus menghilangkan hal tersebut dan melakukan aktivitas tersebut dengan cara yang sehat seperti membaca dengan penerangan yang cukup dan dengan posisi duduk. Menonton tv tidak terlalu dekat, minimal berijarak 3 meter antara mata dengan layar tv. Dan istirahatkan mata saat berada didepan tv atau komputer minimal 20 detik sekali selama 20 menit anda menatap layar komputer atau tv. Hal tersebut dilakukan agar minus pada mata tidak bertambah.

4.    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan mata untuk regenerasi dan memperbaiki struktur mata. Nutrisi yang dibutuhkan mata dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Berikut makanan untuk menutrisi mata.
A.    Wortel
Wortel adalah salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin A. Sedangkan vitamin A adalah nutrisi utama yang dibutuhkan mata agar tetap sehat dan merawat mata. Anda dapat mengolah wortel dalam berbagai macam olehah makanan dan dicampur dengan berbagai sayuran lainya. Akan tetapi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi wortel saat masih mentah dengan dimakan langsung atau dibuat jus, karena ntrisi yang terkandung belum berkurang.
B.    Tomat
Tomat juga banyak mengandung vitamin A. Tomat terdapat dua jenis yaitu tomat merah dan tomat hijau. Yang dimaksud disini adalah tomat merah, karena vitamin A pada tomat merah lebih banyak daripada tomat hijau.
C.    Bayam
Walopun vitamin A yang terkandung dalam sayuran ini tidak sebanyak wortel dan tomat akan tetapi ini bisa menjadi alternatif jika sulit untuk menemukan atau tidak menyukai wortel dan tomat.
D.    Buah-buahan
Selain sayuran tersebut anda juga dapat mengkonsumsi berbagai jenis buah yang mengandungg vitamin A seperti pisang, semangka, belimbing, pepaya, dan melon. Anda bisa secara langsung mengkonsumsi, dibuat jus atau untuk pembersih mulut setelah maka.

5.    Langkah yang terakhir adalah dengan mengunakan atau mengkonsumsi ramuan/obat alami untuk membantu mata dalam menyembuhkan diri. Obat alami akan membantu mata untuk menormalkan fungsi dari otot mata yang sebelumnya tidak berfungsi dengan baik. Berikut obat alami untuk mengobati mata minus.

Daun sirih
Daun sirih adalah tanaman sejuta kasiat, salah satunya berkasiat mengobati mata minus. Caranya sangatlah sederhana, siapkan 2 lembar daun sirih kemudian disedu selama 2 menit. Kemudian tempelkan daun sirih tersebut kemata saat sendang tidur. Lakukan secara rutin dan minus akan beransur-ansur berkurang dan sembuh.

Itulah ulasan tentang mengenal penyebab dan tips mengobati mata minus secara alami. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak terdapat banyak kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔