Mengenal Penyakit Hidung Sinusitis Dan Cara Pengobatanya Secara Alami

07.07

    Mengenal penyakit Hidung sinusitis dan cara pengobatanya secara alami yaitu artikel yang akan membahas tentang penyakit sinusitis dan cara pengobatanya secara alami. Sinusitis yaitu suatu peradangan atau pembengkakan yang dialami oleh jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus normal berisi udara, akan tetapi saat mengalami peradangan sinus tersumbat dan akan bersisi cairan yang terdapat kuman, virus, bakteri dan jamur yang dapat berkembang dan menyebabkan infeksi. Terdapat empat sinus dan dalam tempat yang berbeda akan tetapi tetap berhubungandengan hidung. Yang pertama sinus maksilaris yang terletak didaerah pipi, yang kedua sinus etmoidalis yang terdapat disekitar mata, yang ketiga sinus frontalis yang terletak didahi, yang terakhir sinus sfenoidalis yang terletak dibelakang dahi.

    Sebenarnya penyakit ini hampir sama dengan flu atau pilek, karena mengeluarkan lendir atau ingus dari hidung. Hanya saja penyakit sinusitis lebih serius, penyakit ini biasanya lebih lama pengobatanya dibanding dengan pilek. Selain itu prosoe pengobatanya memerlukan ketlatenan dan kedisiplinan agar sinusitis benar-benar sembuh, karena apabila pengeobatanya tidak teratur sinusitis dapat kambuh setiap saat.

Baca Juga : Amalan Agar Cepat Naik Haji

Sinus secara klinis dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
A.    Sinusitis akut : sebuah kondisi awal dari penyakit sinusitis, mendadak mengeluarkan gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada area wajah yang tidak hilang selama 10 hari sampai 14 hari bahkan bisa berlangsung sampai 4 bulan.
B.    Sinusitis subakut : ini kelanjutan dari sinusitis akut yang kurang dalam pengobatanya. Sehinga pada tahap ini menyebabkan peradangan yang berlangsung 1 sampai 2 bulan.
C.    Sinusitis kronis : bisa dibilang pada tahap ini sinusitis adalah yang paling parah. Itu ditandai dengan gejala radang sinus atau radang yang berlangsung selama 2 bulan atau lebih.
Tentunya apabila kita sampai mengalaminya, semua aktifitas yang kita lakukan akan terganggu. Kita akan merasa tidak nyaman karena rasa sakit dan lendir yang terus keluar pada hidung. Oleh sebab itu artikel mengenal penyakit hidung sinusitis dan cara pengobatanya secara alami sesuai judulnya juga akan memberikan cara pengobatan sinusitis secara alami agar kita bisa terhiindar dari penyakit tersebut. Berikut cara pengobatan sinusitis secara alami.

1.    Dengan mengunakan kaktus + buah belimbing + jahe + kiamboi/sun boi + madu
Caranya siapkan 75 gram kaktus, 1 buah blimbing yang sudah matang, 10 gram jahe, 2 buah kiamboi/sun boi dan 1 sendik madu. Kemudian cucu bersih kaktus, blimbing, jahe dan kiamboi. Kemudian semua bahan tersebut dimasukan kedalam air sebanyak 600cc kemudian direbus. Setelah mendidih tunggu sebentar hingga airnya tersisa setengahnya atau 300cc. Kemudian air hasil rebusan diminum saat masih hangat. Lakukan langkah berikut 2 kali dalam sehari dipagi dan malam hari, penyakit sinusitis akan beransur-ansur membaik dan sembuh.

2.    Dengan mengunakan air hangat
Sebenarnya mengobati sinusitis dengan mengunakan air hangat bisa dengan 3 cara, yang pertama dengan menghirup uap air panas yang dicampur garam. Siapkan baskom sang sudah diisi dengan air panas yang dicampur dengan sedikit garam  dapur. Kemudian letakan muka didepan baskom dan tutup kepala dan baskom dengan handuk atau kain tebal agaruap yang keluar dapat fokus mengarah kemuka dan dapat terhirup dengan mudah dan banyak. Lakukan menghirup uap air tersebut selama 20 menit, dan lakukan langkah tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.
Yang kedua dengan mengompres muka penderita dengan air hangat. Caranya dengan mengunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat lalu dikompreskan diarea wajah terutama bagian mata, hidung dan pipi. Cara tersebut dapat mendorong rambt silian untuk mengeluarkan lendir atau cairan yang menumpuk dibagian bawah mata, pipi, dan sekitar hidung.
 mengkonsumsi rutin air hangat. Mungkin ini sangatlah sederhana akan tetapi akan terasa efeknya apabila penderita rutin melekukanya. Saat mengkonsumsi air gangat rambut akan mengeluarkan lendir atau cairan yang menumpuk pada sinus.

3.    Dengan meningkatkan imun tubuh
Mengan meningkatnya daya tahan tubuh tentunya virus yang terdapat pada sinus dapat terbunuh dan penyakit sinusitis secara bertahap akan sembuh. Untuk itu tingkatkan daya tahan tubuh dengan perbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

Itulah ulasan tentang mengenal penyakit hidung sinusitus dan cara pengobatanya secara alami. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔