Tips Cara Merawat Kesehatan Gigi Pada Anak

06.32

      Tips cara merawat kesehatan gigi pada anak. Mungkin sebagian besar anak mengalami giginya ompong, berlubang, atau berwarna hitam. Itu disebabkan karena kurangnya perawatan pada gigi anak. Padahal gigi pada anak sangat rentan sekali rusak, seperti berlubang, berwarna hitam, bahkan sakit. Itu diakibatkan karena gigi anak masihlah sangat rapuh sehinga perlu penanganan yang ekstra. Anak-anak juga tidak mengerti bagaimana cara menjaga atau merawat gigi mereka. Karena sebagian besar anak-anak tidak mengerti pentingnya merawat dan tidak diajarkan sejak dini bagaimana cara merawat gigi mereka dengan baik.
      Padahal merawat atau menjaga gigi sedini mungkin sangatlah baik untuk kesehatan gigi mereka dimasa depanya. Dengan marawat gigi sedini mungkin, kita bisa memperhatikan pertumbuhan gigi dan mengatasi sejak dini apabila pertumbuhan giginya kurang baik, sehinga saat dewasa gigi meraka bisa rapi dan sehat tentunya. Selain itu mengajarkan kedisiplinan merawat gigi akan berguna untuk anak dimasa depanya. Saat mereka dewasa mereka akan terbiasa merawat gigi dengan baik. Untuk itu disini saya akan berbagi tips cara merawat kesehatan gigi pada anak.
1.    Rutin membersihkan gigi anak
Anak tentunya kurang mengerti bagaimana cara membersihkan gigi mereka. Untuk itu orangtua harus rutin membantu anak untuk membersihkan gigi mereka. Kita tau bahwa kerusakan gigi berawal dari kotoran dan kuman-kuman yang bersarang didalam mulut dan gigi. Bersihkanlah gigi anak sesudah mengkonsumsi makanan mengunakan tisu atau sikat gigi. Tapi untuk para ibu lebih hati-hati dalam mengunakan sikat gigi karena gigi dan gusi anak tentunya lebih lembut, tidak sekuat orang dewasa. Gunakan sikat gigi  yang lembut dan pasta gigi yang kusus untuk anak-anak. Bersihkan mulut dan gigi anak sesudah mereka mengkonsumsi makanan, sebelum tidur, dan bagun tidur. Lakukan secara rutin dan latihlah anak sedeini untuk mandiri, akan tetapi tetap didampingi.

2.    Berikan asupan nurtisi yang cukup
Nutrisi sangat dibutuhkan untuk gigi. Tidak hanyamelakukan perawatan dari luar tentunya sangat perlu juga melakukan perawatan dari dalam. Anak sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan dan memperkuat gigi mareka. Apabila gigi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tentunya pertumbuhan gigi akan bagus dan gigi juga akan keras/kuat sehinga tidak mudah rusak oleh makanan dan bakteri. Salah satunya nutrisi yang dibutuhkan adalah kalsium. Untuk kalsium pada anak didapat dari ASI. Akan tetapi untuk anak diatas dua tahun tentunya sudah tidak mengkonsumsi asi, oleh sebab itu diganti dengan mengkonsumsi susu sapi atau kambing. Berikan juga buah-buahan, untuk meningkatkan produksi air liur sehinga kuman dan bakteri dapat terbunuh. Selain itu air liur dapat menghilangkan flak, sehinga gigi anak dapat lebih bersih dan putih. Untuk buah yang disarankan yaitu, apel, melon, pir, dan mentimun.

3.    Kurangi konsumsi cemilan
Anak tentunya sangat gemar sekali mengkonsumsi cemilan. Apalagi cemilan yang manis-manis, contohnya coklat dan perman. Kita semua bahwa makanan manis yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk gigi, apalagi untuk anak. Mengkonsumsi cemilan tentunya bolah saja, asalkan tidak terlalu sering dan berlebihan. Dan ajarkan setelah mangkonsumsi makanan atau cemilan yang manis-manis untuk membersihkan gigi, agar gigi tetap sehat.

4.    Hentikan kebiasaan buruk
Anak sering kali melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi. Kebiasaan tersebut antara lain, adalah mengkonsumsi susu saat tidur. Kebiasaan ini sangatlah tidak baik. Saat anak tidur, produksi air liur akan menurun sehinga kuman dapat berkembang biak dengan baik. Selain hilangkan kebiasaan lain juga seperti, mengemut makanan, jarang mengosok gigi, dan lain sebagainya.

5.    Rutin kedokter
Periksakan gigi anak setelah gigi anak mulai tumbuh, sehinga perkembagan bisa ditangani oleh dokter. Sehinga pertumbuhan gigi dapat maksimal dan baik karena kita tau bagaimana cara penanganaya. Selain itu memeriksakan gigi secara rutin dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginakan. Kita bisa mengatasi masalah sedini mungkin sebelum masalah pada gigi tersebut membesar.

      Itulah ulasan tentang tips cara merawat kesehatan gigi pada anak. Sebagai orang tua tentunya menginginkan buah hati mereka giginya sehat. Apalagi marawat gigi untuk mencegah terjadinya masalah juga sangat baik dibandingkan mengobati setelah terjadi masalah. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Saya baru punya anak nih tapi kesulitan saat menggosok gigi nya. Mungkin karena si anak yang tidak menyukai rasanya. Lalu saya ganti Pasta gigi anak dengan merek Clean Me dan akhirnya dia pun mau menggosok gigi. Semoga tips saya ini berguna

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔