Tips Merawat Dan Menjaga Kesehatan Gigi

06.29

    Tips merawat dan menjaga kesehatan gigi. Gigi adalah komponen penting bagi manusia yang berfungsi untuk mengkonsumsi makanan. Hampir semua makanan yang kita konsumsi membutuhkan gigi untuk mengunyah, terutama makanan-makanan yang bertekstur keras. Gigi yang sehat merupakan jalan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat. Karena apabila kita mempunyai gigi yang sehat tentunya kita dapat mengunyah makanan dengan baik, dan apabila makanan bisa dikunyah dengan baik maka sistem pencernaan akan bekerja dengan mudah. Itulah mengapa mulut menjadi gerbang awal kesehatan tubuh.
    Tapi apabila kita lengah dalam merawat kesehatan gigi tentunya kita akan muncul berbagai masalah. Seperti, gigi akan berlubang, akan berwarna kuning bahkan hitam, akan tumbuh karang gigi, akan menyebabkan bau, dan yang paling parah bisa menyebabkan gigi sakit dan ompong. Oleh sebab itulah sangat diperlukanya merawat dan menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari masalah-masalah diatas. Untuk itulah saya akan berbagi tips merawat dan menjaga kesehatan gigi untuk membantu anda agar terhindar dari berbagai masalah yang mungkin bisa mengancam. Langsung saja berikut tipsnya.
1.    Rutin mengosok gigi dengan baik dan benar
Bisa dibilang mengosok gigi adalah cara yang paling bagus dan mudah untuk merawat kesehatan gigi. Mengosok gigi dapat membersihkan gigi dari berbagai kotoran dan kuman yang menganggu gigi. Untuk itulah kita harus selalu rajin untuk mengosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Dan waktu yang tepat untuk mengosok gigi adalah dipagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih baik lagi disarankan sebaiknya setelah makan anda juga mengosok gigi. Selain itu, pastikan juga bahwa cara anda mengosok gigi benar. Pastikan semua sisa-sisa makanan, kotoran dan flak yang ada pada gigi benar-benar bersih.

2.    Lakukan flossing
Langkah yang dilakukan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan mengunakan benang kain itulah yang disebut dengan flossing. Cara ini dinilai sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa makanan yang berada disela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau sikat gigi ketika mengosok gigi. Selain itu flosssing juga dapat menghilangkan karang gigi yang sudah menempel keras pada gigi dan juga dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Hanya anda harus sabar dan tlaten mengunakanya.

3.    Rutin periksa kedokter gigi
Banyak orang datang kedokter gigi setelah mereka merasa ada masalah pada gigi mereka, seperti sekit, berlubang, gigi goyang dan sebagainya. Banyak orang berangapan bahwa pegi kedokter gigi itu akan menyakitkan, sehinga orang merasa parno ketika berhadapan dengan dokter gigi dan berbagai peralatan diruang dokter gigi. Padahal memeriksakan gigi secara rutin sangatlah dibutuhkan. Kita bisa mengetahui perkembangan bagaimana keadaan gigi kita. sehinga kita bisa mencegah terjadinya berbagai masalah yang bisa menyerang. Selain itu juga apabila mulai muncul masalah langsung bisa ditangani sebelum masalahnya semakin membesar.

4.    Konsumsi buah-buahan
Tak diragukan lagi bahwa buah sangat berguna bagi kesehatan. Salah satunya ialah untuk merawat kesehatan gigi. Ada buah yang berfungsi memutihkan gigi, menghilangkan flak bekas makanan dan asap rokok. Buah itu adalah stroberi, apel, pir, buah-buah tersebut memiliki zat alami yang dapat memutihkan gigi. Selain itu buah-buah tersebut berfungsi membunuh bakteri pada mulut dan gigi. Sehinga berbagai kuman dan bakteri yang bersarang dan dapat mengancam kesehatan mulut dapat dibunuh, sehinga mulut tetap sehat.

5.    Selektif memilih obat
Pada saat ini banyak sekali obat-obatan atau produk kecantikan gigi yang beredar secara bebas. Dan tak semua obat dan produk kecantikan gigi yang beredar baik untuk kita gunakan. Karena mungkin saja obat tersebut mengandung zat-zat yang mlah dapat membahayakan kesehatan kita. Oleh sebab itu apabila kita ingin mengunakan suatu produk pengobatan atau kecantikan gigi sebaiknya meneliti terlebih dahulu apakah produk tersebut baik untuk digunakan. Untuk lebih amanya, sebaiknya kita konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

      Begitulah tips merawat dan menjaga kesehatan gigi. Merawat gigi sangatlah penting. Karena mencegah terjadinya penyakit atau masalah tentunya lebih baik daripada mengobati setelah terjadi masalah atau penyakit. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔