Macam Macam Penyakit Pernafasan Beserta Penyebab, Cara Pencegahannya Dan Pengobatanya Secara Alami

06.33

    Macam macam penyakit pernafasan beserta penyebab, cara pencegahanya dan pengobatanya secara alami. Nafas adalah elemen utama dalam tubuh maniusia. Mempunyai pernafasan yang baik adalah kunci dari kesehatan. Ada berbagai jenis penyakit yang menyerang organ atau sistem pernafasan kita. Agar terhindar dari barbagai masalah pernafasan tersebut kita harus mengenali berbagai penyakit tersebut, dari penyebab, cara pencegahanya dan pengobatany apabila kita sampai terkena. Berikut macam macam penyakit pernafasan beserta penyebab, cara pencegahanya dan pengobatanya secara alami.

1.    Asma
Asma adalah saat dimana seseorang mengalami sesak nafas akibat saluran nafas yang menyempit karena peradangan akibat rangsangan tertentu.

Penyebab:
Asma terjadi karena adanya penyempitan pada saluran pernafasan, dan penyempitan pada saluran pernafasan merupakan respon terhadap rangsangan tertentu, yang memang pada paru-paru normal hal tersebut tidak mempengaruhi saluran pernafasan. Penyempitan pada saluran pernafasan dapat dipicu oleh berbagai hal seperti, serbuk sari bunga, bulu hewan, debu, dan kecapekan.
Mostroit mengeluarkan bahan seperti histamin dan leukotrin sebagai respon akibat adanya benda asing atau alargen yang masuk kedalam saluran pernafasan. Dan akibat dari mostroit yang mengeluarkan histamin dan leukotrin menyebabkan terjadinya kontraksi pada otot polos, menyebabkan peningkatan produksi lendir, dan perpindahan sel darah putih kebronki. Dan otot polos yang berkontraksi atau mengejang menyebabkan jaringan yang melapisi saluran udara mangalami pembengkakan karena adanya peradangan. Hal tersebut akan memperkecil saluran udara. Hal tersebut diperparah dengan terdapatnya lendir yang banyak disaluran pernafasan akibat peningkatan produksi, sehinga menyebabkan penderita sulit untuk bernafas dan harus berusaha sekuat tenaga untuk menghirup dan mengeluarkan udara.

Baca Juga : Ini dia cara menghilangkan bulu secara permanen yang paling ampuh

Selain adanya alergen atau benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan, keluarnya histamin dan leukotrin dari mostroit juga dapat disebabkan oleh cuaca dingin, pikiran yang stres atau banyak pikiran, dan kecapekan akibat olehraga atau aktifitas yang melelahkan.

Pencegahan:
        Untuk mencegah asma bisa dilakukan dengan menghindari benda-benda atau alergan yang dapat memicu asma. Kemudian menjaga agar tidak melakukan aktifitas yang terlalu melelahkan.

Pengobatan
        Untuk mengobati asma dengan bahan alami sangatlah mudah dan aman, akan tetapi butuh kesabaran dan ketekunan. Berikut 2 ramuan alami untuk mengobati asma.
A.    Daun sledri + daun kapuk + garam + gula aren + ari matang
Siapkan daun sledri dan daun kapuk masing-masing 3 lembar, lalu dicuci sampai bersih. Kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus dengan ditambahkan garam dan gula aren secukupnya. Setelah halus tambahkan setengan gelas air mendidih dan diamkan beberapasaat. Kemudian ramuan tersebut disaring dan diminum saat masih hangat. Lakukan langkah tersebut 1 kali dalam sehari, dipagi hari sebelum makan atau sarapan pagi.
B.    Jahe + lengkuas + daun pacu kuda + keningar + kencur + daun iler + air bersih
Siapkan jehe, lengkus, daun pacu kuda, keningar, kencur dan daun iler masing masing 5 gram. Kemudian semua bahan tersebut dicuci dan dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih dan airnya sudah berkurang hingga menyisakan setengah dari volume awal. Kemudian ramuan tersebut disaring, dan diminum airnya saat masih hangat. Lakukan langkah tersebut 2 kali dalam sehari, dipagi hari sebelum beraktifitas dan malam hari sebelum tidur.

2.    Bronkitis
Bronkitis adalah keadaan dimana saluran udara keparu-paru (bronkus) mengalami suatu peradangan.

Penyebab
    Penyebab dari bronkitis digolongkan menjadi dua jenis yaitu secara infeksiosa (karena infeksi) dan iritatis (karena adanya iritasi).
A.    Infeksiosa
Untuk secara infeksiosa (infeksi) biasanya karena adanya virus, organisme atau bakteri terutama mycoplasma pneumoniae dan chlamydia. Bisa juga disebabkan karena pernah menderita penyakit lain seperti sinusitis kronis, bronkiektasis, dan alergi saluran pernafasan.
B.    Iritasis
Untuk secara iritasis (iritasi) biasanya karena adanya debu atau zat kecil yang masuk kesaluran pernafasan seperti, asap yang mengandung asam yang kuat, amonia, pelarut organik, klorin, hindogen fulfida, sulfur dioksida, polusi pada asap kendaraan dan banyak lagi lainya.

Baca Juga : Punya bopeng bekas jerawat? ini dia solusi paling ampuh untuk anda

Pengobatan
    Untuk mengobati bronkitis siapkan 3 kuntum bunga kembang sepatu, 400cc air bersih dan garam secukupnya. Caranya meramunya dengan mencuci bersih kembang sepetu dan ditumbuk. Setelah halus kemudian direbus kedalam 400cc air dan ditambahkan garam secukupnya. Setelah mendidih dan air sudah tingal setengah dari volume awal kemudian diangkat dan disaring. Minum ramuan tersebut saat masih hangat. Lakukan langkah tersebut 3 kali dalam sehari secara rutin hinga bronkitis sembuh total.

3.    Batuk rejan atau batuk 100 hari
Batuk rejann yaitu terjadinya batuk akibat adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Penyebab
    Batuk rejan terjadi karena adanya benda-benda kecil seperti debu, polusi atau bakteri dan virus yang masuk kedalam saluran pernafasan dan menyebabkan iritasi atau infeksi. Akibatnya akan terjadi batuk akibat respon dari syaraf pada otak yang menerima sinyal dari komponen saluran pernafasan yang terkena infeksi. Batuk tersebut adalah respon agar penyebab terjadinya infeksi dan iritasi keluar dari saluran pernafasan.

Pencegahan
    Untuk pencegahanya adalah melakukan imunisari pada bayi atau anak usia 2 sampai 4 tahun. Dan juga bisa menghindari benda-benda kecil penyebab terjadinya iritasi, dengan mengunakan penyaring udara atau masker.

Baca Juga : Pengen punya wajah putih dan cerah, langsung saja baca disini

Pengobatan
    Siapkan 10 buah blimbing wuluh, dan 1 garam sendok garam dapur. Bersihkan blimbing wuluh dan diblender dengan ditambahkan 1 sendok makan garam. Kemudian diperas diambil airnya, lalu konsumsi ramuan tersebut untuk dua kali yaitu malam dan pagi hari.  Lakukan secara rutin dan batuk rejan akan cepat membaik.

    Itulah ulasan mengenai macam-macam penyakit pernafasan beserta penyebab, cara pencegahanya dan pengobaanya secara alami. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔