Tips menjaga kesehatan telinga

19.56
    Tips menjaga kesehatan telinga. Telinga adalah salah satu indra yang sangat berguna untuk kita. Kita membutuhkan telinga untuk mendengar, dan hampir semua aktivitas yang kita lakukan bergantung pada pendengaran kita. Dan telinga yang sehat, yang berfungsi sebagaimana mestinya merupakan dambaan bagi semua orang.dan untuk mendapatkan telinga yang sehat, tentunya kita harus merawat dan menjaga telinga kita dari hal-hal yang dapat mengancam kesehatan telinga kita.
                                       
    Dan disini saya mau berbagi Tips menjaga kesehatan telinga, agar telinga kita tetap sehat dan dapat berfungsi dengan optimal.

1.    Kurangi pengunaan earphone
Mungkin sebagian orang berangapan bahwa mengunakan earphone tidak memiliki efek samping. Tapi perlu diketahui bahwa mendengarkan musik dengan mengunakan earphone apalagi dengan volume yang terlalu keras bisa menyebabkan gangguan pada organ pendengaran. Apalagi jika itu dilakukan dalam waktu yang cukup lama dan dilakukan setiap hari atau terlalu sering, efek sampingnya bisa semakin serius. Bahkan diperkirakan apabila telinga kita mendapat kebisingan diatas 100 DB selama lebih dari satu jam setiap hari dalam waktu lima tahun dapat menyebabkan seseorang menderita kehilangan pendengaran secara permanan.

2.    Jauhi suasana yang terlalu bising
Suasana yang terlalu bising sangat tidak baik untuk kesehatan telinga kita. Karena akan memeksa gendang telinga kita bekerja keras, akibatnya kita bisa pusing dan bisa menyebabkan gangguan pada organ pendengaran. Untuk itu sebaiknya hindari berkunjung ketempat-tempat bising atau melakukan hal-hal bising seperti, konser musik, studio musik, menyalakan petasan, ikut kampanye dan yang lainya. Paling tidak sebaiknya mengurangi intensitasnya.

3.    Hati-hati mengunakan catton bud
Ternyata catton bud bisa jadi berbahaya apabila dalam pengunaanya tidak benar. Catton bud hanya dianjurkan untuk membersihkan bagian daun telinga dan ronga luar saja. Dikawatirkan jika membersihkan hinga kedalam lubang telinga, catton bud justru akan mendorong serumen (kotoran telinga) ketempat yang lebih dalam. Jika seruman terakumulasi didaerah gendang telinga serumen tersebut bisa menyebabkan tinnitus atau radang pada gendang telinga. Selain itu,apabila kapas tertingal didalam lubang telinga akan mempengeruhi pendengaran, kapas akan menyumbat masuknya suara kegendang telinga sehinga menyebebkan pendengaran kurang.

4.    Rutin periksa ke THT
Pastikan kita memeriksakan atau membersihkan telinga kita ke THT secara rutin, minimal 1 kali dalam sebulan. Selain itu apabila ada masalah dengan telinga kita seperti, kemasukan air kotor, kemasukan seranga, atau sakit sebaiknya segera memeriksakanya kedokter THT. Langkah itu dinilai sangat baik untuk menjaga kesehatan telinga.

5.    Hindari seranga kecil saat tidur
Saat kita hendak tidur, alangkah baiknya kita memastikan dulu apakah temoat yang akan kita gunakan untuk tidur bersih dari seranga-seranga kecil yang ada kemungkinan bisa masuk ketelinga kita. Karena akan sangat berbahaya apabila seranga itu sampai masuk ketelinga kita. Apabila sampai mengigit bagian dalam dari telinga kita bisa menyebabkan infeksi pada telinga kita. Selain itu juga apabila seranga itu mati didalam telinga kita akan membuat telinga kita kotor dan berkuman. Maka sebaiknya kita selalu berhati-hati apabila mau tidur. Kita harus selalu memastikan tempat tidur kita apakan sudah bersih dari seranga.

      Itulah bebrapa Tips menjaga kesehatan telinga. mempunyai telinga yang sehat dan dapat berfungsi dengan optimal tentunya dalam melakukan aktifitas sehari-hari akan lancar. Jadi rawatlah anugrah dari tuhan ini baik-baik. Semoga apa yang saya tulis diatas dapat bermanfaat dan apabila banyak kesalahan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔