7 Obat Alami Untuk Mengatasi Batuk Kering

06.58

    7 Obat batuk alami untuk batuk kering. Batuk adalah penyakit pernafasan yang sangat sering dialami oleh manusia, bahkan mungkin semua orang pernah merasakanya. Ada berbagai jenis batuk, salah satunya badalah batuk kering. Walopun bukan merupakan penyakit yang cukup serius, akan tetapi bila sampai mengalaminya tentunya kita akan merasa terganggu. Selain akan menganggu performa tubuh kita, batuk kering akan menyebabkan tengorokan gatel, rasa nyeri pada tengorokan, tengorokan terasa kering dan sakit. Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh reaksi alergi, infeksi pernafasan, meningkatnyaasam lambung dan virus.
    Untuk anda yang lebih suka megunakan obat herbal atau alami untuk mengobati penyenyakit. Sayaakan memeberikan beberapa 7 obat alami untuk mengatasi batuk kering.

1.    Jahe
Beberapa produsen obat batuk mengunakan jahe untuk bahan dasar obatnya. Jahe mengandung antibiotik alami yang bermanfaat untuk mengobati batuk kering. Untuk cara pengobatanya ada beberapa cara, yang bertama dengan membakar 1 ruas jahe kemudian digeprek dan diseduh dengan air panas. Lalu minum seduhan air jahe saat masih hangat tanpa mengunakan gula.
Yang kedua dengan cara memerut beberapa ruas jahe yang sudah kupas dan dicuci. Lalu diparut dan diperas, ditambah sedikit garam dan dikonsumsi. Yang ketiga yaitu dengan menguyah langsung jehe. Lakukan salah satu langkah tersebut 3 kali sehari, dan batuk akan reda lalu sembuh.

2.    Kunyit, merica, madu
Parut beberapa ruas kunyit dan peras untuk mengambil sari atau airnya. Kemudian air hasil parutan ditambahkan sedikit merica bubuk dan 1 sendok madu. Kemudian dicampurkan dengan segelas air mendidih. Tunggu sampai hangat kemudian diminum. Lalukan langkah tersebut 3 kali dalam sehari sampai batuk benar-benar sembuh. kunyit mengandung kurkumin, antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, antivirus yang sangat berguna untuk mengobai batuk kering.

3.    Pangkal serai
Tumbuhan ini selain baunya yang has dan enak untuk campuran makanan ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk kering. Serai mempunyai sifat antiradang yang akan berfungsi mengobati batuk dari pangkalnya. Caranya sangat mudah, siapkan 2 atau 3 batang pada pangkal serai yang sudah dibersihkan. Kemudian serai direbus dengan air bersih sebanyak 2 gelas. Tunggu hingga mendidih, dan setelah dingin air hasil rebusan diminum. Lakukan langkah tersebut 2 kali dalam sehari sampai batuk benar-benar sembuh.

4.    Bunga mawar dan gula batu
Siapkan 1 gengam bunga wawar yang masih segar dan 1 butir gula batu ukuranya kira-kira sebesar jempol kaki. Bersihkan bunga mawar dan rebus dengan 2 gelas air bersih. tunggu hingga mendidih dan air tinngal setengah dari ukuran air awal. Kemudian pisahkan air dengan ampas dan campurkan gula batu. Kemudian ramuan tersebut diminum saat masih sangat. Lakukan langkah tersebut 2 kali dalam sehari dipagi dan sore hari sampai batuk benar-benar sembuh.

5.    Daun kemangi
Selain untuk bisa digunakan untuk lalapan ternyata kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Caranya dengan merebus satu gengam daun kemangi yang sudah dibersihkan pada 2 gelas air bersih. Setelah mendidih diangkat dan disaring. Air hasil saringan diminum saat masih hangat. Lakukan langkah tersebut 2 kali dalam sehari, batuk akan reda dan sembuh.

6.    Blimbing wuluh
Siapkan 5 buah blimbing wulih yang sudah dibersihkan. Kemudian diparut atau diblender sampai halus. Lalu blimbing wuluh yang sudah halus diseduh dengan air mendidih. Setelah beberapa saat disaring dan ditambahkan gula secukupnya. Kemudian diminum, dan lakukan langkah tersebut 2 kali sehari, batuk akan sembuh.

7.    Daun asam muda + kayu manis + saga manis + gula batu
Campurkan 1 gengam daun asam muda yang sudah dibersihkan dengan sedikit kayu manis dan saga manis. Tambahkan juga 2 gelas air putih dan gula batu sebesar jempol kaki. Kemudian ramuan tersebut disaring dan diminum saat masih hangat. Lakukan lagkah tersebut 2 kali dalam sehari, batuk akan membaik dan sembuh.

NB: Selain mengkonsumsi obat atau ramuan diatas, penderita juga harus melakukan hal berikut :
1.    Beristirahat dengan cukup
2.    Perbanyak minum air putih
3.    Perbanyak juga air hangat atau minuman hangat
4.    Jauhi tempat yang berdebu dan dingin
5.    Hindari rokok dan alkohol
      Itulah artikel tentang obat alami untuk mengatasi batuk kering. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dan apabila masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔