Tips Merawat Kebersihan Dan Kesehatan Lidah

07.09

    Tips merawat kebersihan dan kesehatan lidah. Mungkin kita sering sekali lupa untuk merawat bagian mulut yang satu ini. Kita apabila merawat kesehatan mulut biasanya terfokus hanya pada gigi dan melupakan perawatan lidah. Padahal bagian mulut yang satu ini juga memerlukan perawatan. Lidah adalah bagian mulut yang sangat mudah kotor dan dihingapi bakteri. Karena lidah yang tidakrata, bergelombang, membentuk bintik rapat sehinga mudah dihingapi sisa-sisa atau sari-sari makanan, sehinga akan mempermudah bakteri berkembang biaik. Akibatnya apabila kurang dibersihkan dan dirawat akan menimbulkan berbagai masalah seperti, bau mulut, sariawan, radang lidah, lidah berwarna putih kekuning-kuningan akibat kotor.
    Apabilakita mengalami itu semua tentunya kita akan merasa tidak percaya diri saat bergaul dan berbicara dengan orang lain. Untuk itu agar tidak terjadi hal-hal tersebut, disini saya akan berbagi tips merawat kebersihan dan kesehatan lidah.

1.    Rutin membersihkan lidah
Lidah adalah tempat yang mudah dihingapi kotoran dari sari-sari makanan dan kuman oleh sebab itu kita harus rajin-rajin memebersihkanya. Ada berbagai cara dan alat untuk membersihkan lidah, salah satunya dengan mengunakan sendok makan. Caranya sangat mudah, anda tingal mengaruk-garukan sendok pada permukaan lidah agar kotoran dapat terangkat. Akan tetapi lakukan dengan lembut dan hati-hati, karena lidah sangat sensitif dan mudah luka. Dan kemudian berkumur agar lidah dan mulut benar-benar bersih. selain dengan sendok, saat ini ada sikat gigi yang didesain juga untuk membersihkan lidah. Disisi lain sikat terdapat alat untuk mengaruk-garuk yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada lidah.

2.    Rajin berkumur setelah makan
Saat kita selesai makan tentunya akan banyak sisa-sisa atau sari-sari makanan yang akan menempel pada lidah dan bagian mulut lainya. Oleh sebeb itu kita harus rajin-rajin berkumur setelah makan agar sisa-sisa makanan bisa hilang dan tidak menempel ke lidah. Dengan begitu lidah akan tetap bersih dan sehat. Untuk hasil yang lebih bagik lagi anda bisa juga mengosok gigi agar kuman dan bagian-bagian mulut lain benar-benar bersih.

3.    Hilndari aksesoris logam pada lidah
Untuk anak muda saat ini memakai dindik pada lidah mereka mungkin akan merasa hebat dan keren. Padahal tersebut sangatlah beresiko bagi kesehatan lidah dan tubuh kita. logam mengandung zat-zat yang tidak baik bagi kidah dan tubuh kita. Melekukan tindik pada lidah dengan logam atau benda lainya dapat menyebabkan infeksi dan berbagai penyakit lainya. Oleh sebab itu sebaiknya kita menghindari hal tersebut. Karena kesehatan tentunya lebih penting daripada gaya.

4.    Hindari minum alkohol dan merokok
Sudah tidak diragukan lagi tentunya bahwa aklohol dan rokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Alkohot sangat berbahaya untuk kesehatan lidah dan gigi kita. Zat yang terdapat pad alkohot dapat merusak jaringan-jaringan pada lidah kita. untuk itu sebaiknya kita hindari minuman tersebut, dan ganti minuman tersebut dengan air mineral yang steril yang tentunyalebih sehat. Selain itu hindari juga rokok, karena zat yang tekandung pada asap rokok dapat membuat gigi dan lidah kotor sehinga berwarna kuning. Oleh sebab itu hindari rokok agar lidah tetap bersih dan sehat.

5.    Buah pencuci mulut
Ketika selesai makan biasanya kita akan memcuci mulut kita dengan buah-buahhan. Ternyata itu sangat baik untuk kesehatan lidah kita. dengan memakan buah-buahhan setelah makan dapat meningkatkan prodiksi air liur yangdapat membunuh bakteri dan membersihkan kotoran pada lidah. Dan buah yang baik untuk dikonsumsi sebagai pencuci mulut antara lain melon, apel, lemon dan stroberi.

6.    Cairan anti septik atau kunyit
Dengan berkumur mengunakan cairan anti septik akan membantu membersihkan kotoran dan membunuh kuman pada lidah. Selain itu anda juga bisa mengunakan kunyit untuk membersihkan kotoran pada lidah. Caranya dengan mencampurkan cairan perasan kunyit dengan air mineral kemudian digunakan untuk berkumur sebelum tidur. Itu akan membersihkan lidah dari kotoran dan melindungi mulut dari kuman saat kita tidur.

     Itulah ulasan tentang tips merawat kebersihan dan kesehatan lidah. Semoga apa yang saya sampaikan daat bermanfaat bagi para pembaca. Dan apabila terdapat banyak kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔