Tips Sehat Mencegah Agar Gigi Tidak Berlubang

00.05

    Tips sehat mencegah agar gigi tidak berlubang. Kesehatan gigi sangatlah penting bagi kita semua. Berbagai masalah bisa saja timbul pada gigi kita, selah satunya adalah gigi berlubang. Dan apabila gigi kita berlubang tentunya juga akan menimbulkan masalah lain seperti bau mulut, gigi hitam, bahkan sakit. Apabila semua itu sampai terjadi tentunya aktifitas kita akan terganggu, kita akan malu untuk bergaul karena mulut bau dan malas makan karena gigi sakit. Ada ungkapan bahwa lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Karena sakit pada gigi sangatlah mengangu, sedangkan semua aktifitas makan kita selalu mengunakan gigi.
    Gigi berlubang biasanya diakibatkan oleh bakteri yang menumpuk pada gigi, kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat, kurangnya asupan nutrisi, dan lain sebagainya. Untuk itu sebelum kita mengalami yang namanya sakit gigi alangkah baiknya kita malakukan pencegahanya. Karena tentunya mencegah itu akan lebih baik daripada melakukan pengobatan saat sudah terkena penyakit tersebut. Untuk itu saya disini akan berbagi tips sehat mencegah agar gigi tidak berlubang.

1.    Gosok gigi secara teratur dan menyikat gigi dengan cara yang benar
“Menyikat gigi dua kali sehari”, mungkin anda sudah sangat sering mendengar kata-kata atau wejangan tersebut. Namun kata-kata tersebut memang sangat manjur. Untuk itu rajin-rajinlah untuk mengosok gigi. Gosoklah gigi dua kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari saat mau tidur. Karena saat kita tidur produksi air liur kita menurun, sehinga bakteri akan mudah berkembang biak. Untuk itu sangat baik mengosok gigi sebelum tidur untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri. Dan untuk hasil yang lebih baik, setelah makan sebaiknya kita juga mengosok gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan agar tidak menumpuk dan menjadi sarang kuman.
Selain menyikat gigi secara teratur, kita juga harus menyikat gigi secara benar. Karena apabila dilakukan dengan cara yang tidak benar tentunya itu semua akan percuma dan hasilnya tidak maksimal. Dan cara menyikat gigi yang benar yaitu menyikat kearah atas dan bawah untuk gigi bagian depan (gigi seri). Dan untuk gigi bagian belakanag (gigi graham) lakukan dengan mendatar maju mundur. Dan untuk bagian samping luar gigi graham lakukan penyikatan dengan memutar. Untuk gigi seri dan graham bahian dalam lakukan penyikatan kearah atas untuk gigi bawah dan penyikatan kebawah untuk gigi atas. Sikatlah gigi graham lebih lama dan teliti, karena pada gigitersebut sisa-sisa makanan biasanya menempel.

2.    Kosumsi makanan sehat dan kurangi makanan yang tidak sehat
Selain merawat gigi agar tidak berlubang dari luar kita juga harus merawat gigi dari dalam. Caranya yaitu dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh gigi. Dan nutrisi tersebut diperoleh dari makanan yang kita kosumsi seperti sayuran dan buah-buahan. Seperti kalsium akan membuat gigi kita menjadi lebih kuat. Keju, apel, melon, dan kacang-kacangan dapat menghilangkan plak yang menempel pada gigi kita. Makanan yang berserat juga dapat memebantu meningkatkan produksi air liur yang akan membunuh bakteri dalam mulut.
Selain mengkonsumsi makanan yang sehat untuk memenuhi nutrisi pada gigi, kita juga harus menghindari makanan-makanan yang tidak sehat agar gigi tidak rusak dan berlubang. Makanan yang tidak sehat untuk gigi kita antara lain yaitu, makanana yang mengandung banyak gula, seperti peren, coklat dan lain sebagainya. Hindari juga minuman yang berkarbonasi karena itu akan meembuat gigi kita keropos. Selain itu hindari makanan yang mudah menempel pada gigi, seperti karamel, coklat lembek, selai dan banyak lagi. Hindai makanan tersebut agar gigi kita tetap sehat dan tidak berlubang.

3.    Rutin kedokter gigi
Memeriksakan gigi kedokter secara teratur 3 bulan sekali mungkin adalah cara yang paling penting. Karena dengan memeriksakan gigi kita secara teratur, maka kerusakan gigi akan terdektesi sedini mungkin. Sehinga akan langsung ditangani sebelum lubang pada gigi semakin memebesar dan sulit untuk ditangani. Untuk itu sebaiknya mulai sekarang anda harus membuat jadwal untuk pergi kedokter minimal 3 bulan sekali. Agar gigi tetap sehat dan tidak ada lubang pada gigi kita yang bisa saja mengangu.
 
    Itulah beberapa langkah yang mudah yang bisa dilakukan agar gigi kita terhindar dari gigi berlubang. Alangkah lebih baik untuk kita mencegah gigi berlubang daripada mengobati ketika sudah terjadi dan merasakan sakit. Itulah ulasan tentang tips sehat mencegah agar gigi tidak berlubang. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔