Macam-Macam Penyakit Hidung Dan Cara Pengobatannya

06.42

    Macam-macam penyakit hidung dan cara pengobatanya. Selain sebagai jalan masuk oksigen dan keluarnya karbon dioksida, hidung adalah alat indra yang berfungsi sebagai indra penciuman, menyaring kotoran udara, dan juga sangat berperan dalam resonansi suara. Menjaga kesehatan hidung sangatlah penting seperti menjaga organ tubuh lainya. Untuk bisa terhindar dari berbagai penyakit hidung kita harus mengenali penyekit-penyekit tersebut dan mengetahui bagaimana pengobatanya  apabila sudah terlanjur terkena. Berikut macam-macam penyakit hidung dan cara pengobatanya.

1.    (Rhinitis Allergica) peradangan hidung yang diakibatkan alergi
Rhinitis allergia disebabkan adanya subtansi atau benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan dan mengakibatkan adanya reaksi alergi pada hidung yang menyebabkan peradangan.
Untuk tips agar terhindar dari penyakit ini adalah menghindari subtansi atau benda asing yang dapat menyebabakan alergi seperti, debu, bulu hewan, tepung, jamur, polusi dan lain sebagainya agar tidak masuk ke saluran pernafasan. Caranya dengan mengunakan penutup hidung atau masker ketika harus terpaksa berhadapan dengan benda-benda yang dapat masuk kehidung dan menyebabkan alergi.
Untuk pengobatanya mengunakan penguapan, anda menghirup uap air oanas yang sudah dicampur garam dan daun sirih. Untuk lebih detail sebaiknya hubungi dokter agar bisa ditangani dengan lebih detail.


2.    (Sinusitis) gangguan sinus
Sinitus atau peradangan sinus adalah peradangan yang terjadi pada ronga-ronga dalam tulang yang berhubungan dengan ronga hidung. Penyakit cukup gawat dan biasanya terjadi pada waktu yang lama, bahkan berminggu-minggu.
Tanda-tanda atau gejala dari penyakit ini adalah:
a.    Saat kita menundukan kepala area wajah akan terasa sakit pada area wajah.
b.    Apabila tulang dipukul atau dikeruk akan terasa sakit diarea sekitar mata
c.    Hidung sering tersumbat oleh adanya ingus kental atau bahkan nanah.
d.    Biasanya gejala tersebut diberengi dengan demem dan panas tinggi.
Untuk pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana. Caranya adalah sebagai berikut.
a.    Siapkan baskom berisi air panas dengan dicampur garam secukupnya hinga airnya terasa asin. Kemudian uap dihirup mengunakan hidung.
b.    Setelah air dingin, air garam dihirup sedikit mengunakan hidung kemudian dikeluarkan lagi lewat hidung seperti saat kita berwudu.
c.    Apabila penderita penyakitnya tidak juga membaik sebaiknya segera periksa kedokter.


3.    (Influenza) flu
Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang organ pernafasan. Influenza atau flu biasanya menyebabkan bersin-bersin dan dibarengi dengan demam, pusing, batuk, pilek, sakit pada leher atau tengorokan dan nyeri pada sendi-sendi. Flu terjadi karena daya tahan tubuh yang menurun. Sebenarnya tidak ada obat untuk menyembuhkan flu, obat yang ada saat ini adalah untuk menambah data tahan tubuh. Karena flu akan sembuh dengan sendirinya, denagan meningkatnya data tahan tubuh atau kekebalan tubuh. Anda ahanya perlu melakukan beberapa hal sederhana berikut ketika sedang mengalami penyakit influenza atau flu agar daya tahan cepat meningkat dan flu cepat sembuh.
a.    Hindarilah makanan atau minuman dingin dan selalu konsumsi makanan atau minuman yang hangat seperti sub dan minuman jahe anget.
b.    Usahankan saat kita terkena flu badan tetap hangat. Pakailah pakaian hangat saat keluar rumah dan gunakan slimut saat dirumah.
c.    Saat kita mengalami flu jangan sampai kurang istirahat. Usahakan untuk istirahat dengan cukup, tidur 6 jam dalam sehari  dengan keadaan nyenyak.
d.    Perbanyak asupan nutrisi untuk tubuh agar daya tahan tubuh cepat naik. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.
e.    Bila mengalami sakit kepala gunakan minyak kayu putih untuk dioleskan ke kepala bagian samping.
f.    Dan apabila mengalami sakit pada tengorokan konsumsi air hangat untuk meredakanya.

4.    (Cold) salesma
Salesma hampir sama dengan flu, penyakit ini disebabkan oleh virus yang membuat infeksi pada saluran pernafasan. Gejalanya juga hampir sama dengan flu yaitu, sakit pada tengorokan, pilek, dan mencret ringan pada anak kecil.
Cara pencegahanya adalah:
a.    Untuk mencegah penyakit ini adalah dengan terpenuhinya asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ssehinga tubuh tetap bekerja dengan baik. Caranya dengan perbanyak makanan yang bergizi, empat sehat lima sempurna. Dianjurkan konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.
b.    Selesma bisa menular lewat udara, oleh sebab itu apabila dekat dengan orang yang menderita penyekit inisebaiknya mengunakan masker agar tidak tertular. Dan cuci tangan setelah bersentuhan dengan penderita.
c.    Dan apabila anda sudah terkena penyakit ini sebaiknya anda mengunakan masker agar penyakit ini tidak menular kepada orang-orang disekitar anda.
d.    Biasanya selesma diarengi dengan flu atau ingus oleh sebab itu slalu bersihkan ingus dari hidung. Jangan mengunakan tangan sebaiknya mengunakan tisu agar tangan tetap seteril.


Itulah ulasan tentang macam-macam penyakit hidung dan cara pengobatanya. Kesehatan adalah suatu hal yang sangat berharga, oleh sebab itu baik untuk kita slalu menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dan apabila masih banyak kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔