Mengenal Katarak Dan Cara Pengobatannya Secara Medis Dan Alami

07.49

    Mengenal katarak dan cara pengobatanya secara medis dan alami. Katarak adalah sebuah ganguan kesehatan pada organ penglihatan yang menyebabkan penglihatan seseorang kabur, buram bahkan kebuutaan. Itu disebabkan karena lensa mata keruh sehinga cahaya yang masuk kemata tidak bisa diterima oleh retina dengan sempurna.

Penyebab penyakit mata katarak

    Pada dasarnya katarak terjadi dikarenakan lensa pada mata keruh. Penyebab dari keruhnya lensa mata tersebut ialah:
1.    Sinar ultraviolet matahari
2.    Faktor genetik atau keturunan
3.    Mata terkena radiasi
4.    Kebiasaan merokok
5.    Pengunaan obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama (steroid)
6.    Kekurangan protein
7.    Menderita diabetes mellitus
8.    Lingkungan yang tidak sehat

Gejala dari penyakit mata katerak

    Gejala pada mata katarak sering tidak disadari oleh penderita. Itu disebabkan karena penyakit katarak menganggu secara perlahan dan biasanya disadari ketika sudah kronis. Agar bisa tertangani sebelum katarak semakin parah berikut gejala dari penyakit mata katarak.
1.    Gejala awal mata akan mudah mengeluarkan air mata dan gatal disekitar mata.
2.    Pada malam hari penglihatan mulai terganggu
3.    Mata terlalu peka terhadap sumber cahaya.
4.    Membutuhkan cahaya yang terang untuk membaca
5.    Kadang obyek terlihat menjadi dua
6.    Mata buram, seperti kaca yang kotor.
7.    Penglihatan menurun, seperti terdapat kabut didepan mata yang menghalangi pandangan
8.    Kabut yang menghalangi mata semakin lama semakin banyak dan penglihatan semaikin tidak jelas.
9.    Pada mata yang berwarna hitam akan seperti ada noda putih menyelimuti, semakin lama semakin banyak

Jenis-jenis dari samit mata katarak

    Berdasarkan penyabab dan waktu terjangkitnya, katarak dapat dibedakan menjadi beberapa kenis.
1.    Katarak kogenital
Ini adalah katarak yang timbul sejak seseorang masih didalam kandungan atau baru dilahirkan. Biasanya disebabkan oleh adanya infeksi dan kelainan metabolisma pada saat pembentukan janin. Akan tetapi jenis katarak ini masih sangat jarang, biasanya langsung bisa kedeteksi oleh dokter kandungan dan bisa langsung ditangani.
2.    Katarak traumatik
Yaitu katarak yang terjadi karena diakibatkan oleh kecelakana atau kontak fisik pada mata. Misalnya seperti mata terbentur oleh suatu benda hinga menyebabkan luka sobek pada mata atau tertusuk oleh benda tajam hinga menembus lensa.
3.    Katarak sekunder
Yaitu katarak yang terjadi akibat pengkonsumsian obat-obatan seperti kartikosteroid dan prednisone dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, penderita diabetes juga lebih sering terkena katarak dibanding dengan orang normal pada umumnya.
4.    Katarak seilis
Ini adalah katarak yang terjadi pada seseorang berusia lanjutakibat kesehatan yang menurun. Biasanya didierita oleh orang yang berumur lebih dari 40 tahun. Ini adalah jenis katarak yang paling sering terjadi dimasyarakat.
5.    Katarak  komplikasi
Yaitu katarak yang diakibatkan oleh adanya penyakit lain pada tubuhkita sehinga menginfeksi mata kita dan menimbulkan katarak.

Pengobatan katarak

    Apabila kita sudah terkena katarak hal yang harus dilakukan adalah menangani dan mengobati dengan cara yang tepat dan benar. Ada dua jenis pengobatan untuk mengobati katarak yaitu dengan secara medis dan secara alami.

A.    Secara medis

Untuk pengobatan secara medis biasanya yang dilakukan adalah dengan melakukan oprasi. Yaitu dengan menganti atau mengangkat lensa yang keruh pada mata dan diganti dengan  lensa sintetis.
Untuk cara kerjanya kurang lebih yaitu dengan melakukan sayatan kecil pada permukaan mata. Kemudian melalui sayatan tersebut dimasukan sebuah alat untuk menghancurkan lensa mata yang telah mengeruh tersebut. Lensa mata yang sudah hancur tersebut kemudian dikeluarkan mengunakan alat dan kemudian dimasukan sebuah lensa yang baru yang terbuat dari bahan sintetis dengan ukuran dan posisi yang sama. Oprasi biasanya dilakukan apabila kotoran pada lensa sudah benar-benar banyak dan menganggu, apabila masih sedikit dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan biasa.

B.    Secara alami

Untuk orang yang penyakit kataraknya belum terlalu parah biasanya akan disarankan oleh dokter untuk mencoba pengobatan biasa, salah satunya dengan pengobatan alami. Selain itu pengobatan alami bisa menjadi pilihan apabila anda takut untuk melakukan oprasi. Berikut beberapa bahan yang bisa mengobati katarak secara alami tanpa efek samping.
1.    Wortel
Tidak diragukan lagi sayuran yang satu ini banyak mengandung Vitamin A dan sangatlah berguna untuk kesehatan mata kita salah satunya untuk mengobati katarak. Caranya sangatlah mudah, anda tingal mengkonsumsi 1 gelas jus  wortel sehari 1 kali. Kotoran pada mata akan beransur-ansur menghilang dan katarak akan sembuh.
2.    Bawang putih
Bawang putin mengandung antioksidan, antibiotik yang sangat baik untuk menyembuhkan luka dan membantu pergantian sel-sel baru. Dengan mengkonsumsi 2 siung bawang putih perhari akan membuat katarak pada mata beransur-ansur menghilang. Dan bawang putih yang konsumsi yaitu dalam kondisi mwntah karena kandungan zat didalamnya belum berkurang.
3.    Jus kapulaga dan susu
Caranya sangat mmudah anda tingal menghaluskan kapulaga 2 buah kemudian dicampur dengan segelas susu dan direbus sampai mendidih. Kemudian diminum sehari sekali, itu akan membuat katarak beransur-ansur membaik dan sembuh.

      Itulah ulasan tentang mengenal katarak dan cara pembgoabatnya secara medis dan alami. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔