Mengenal Penyakit Polip atau tumor Hidung Dan Cara Pengobatanya Secara Alami

06.56

    Mengenal penyakit polip atau tumor hidung dan cara pengobatanya secara alami. Polip adalah penyakit yang menyerang hidung, tengorokan, telinga, rahim dan juga usus besar. Untuk kali ini saya akan mambahas polip yang menyerang hidung atau polip hidung. Polip hidung adalah sebuah benjolan yang tumbuh pada ronga hidung, biasanya disebut juga dengan tumor hidung. Polip yaitu membran mukosa yang mengalami peningkatan atau pertumbuhan volume jaringan akibat komponen sel membesar yang diakibatkan peradangan pada sel. Untuk saat ini penyebab pasti dari peradangan yang menimbulkan polip hidung belum diketahui. Untuk saat ini hanya diduga bahwa peradangan disebabkan oleh alergi yang tidak cepat ditangani dan menyebabkan radang pada selaput hidung dan membentuk polip hidung atau tumor hidung.
    Berdasarkan bentuk polip dapat digolongkan menjadi 2 bentuk atau tahapan, yaitu polip sessile dan polip bertangkai. Polip sessile yaitu benjolan yang tumbuh langsung atau bagianya merekat semua didinding organ. Sedangkan polip bertangkai seperti namanya memiliki tangkai. Polip bertangkai tidak lagi semua bagianya merekat pada dinding organ melainkan benjolan sudah memiliki tangkai untuk menempel pada dinding organ. Polip bertangkai adalah pertumbuhan dari polip sessile yang sudah matang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan usia berapa saja. Akan tetapi data yang ada saat ini menunjukan bahwa penyakit ini menyerang orang dewasa yang berusia lebih dari 20 tahun.
    Meskipun biasanya polip atau tumor hidung ini bersifat jinak atau kurang berbahaya akan tetapi kita tidak boleh menyepelekanya. Tidak jarang juga penyakit ini bersifat tidak jinak atau berbahaya. Efek yang ditimbulkan biasanya yaitu susah dalam bernafas karena jalan keluar masuknya udara terhalang oleh benjolan. Selain itu juga bisa menimbulkan mimisan, sakit pada hidung, bahkan pada kakus yang parah bisa menimbulkan kematian. Untuk itu penting bagi kita mengenal penyakit polip hidung atau tumot dan cara pengobatanya secara alami. Berikut gejala dari polip atau tumor hidung dan cara pengobatanya.

Baca juga : Ternyata hanya dengan air putih berat badan bisa turun

Gejala

1.    Susah untuk bernafas karena jalan untuk keluar masuknya tersumbat. Awalnya mungkin hanya kecil dan tidak begitu terasa pengaruhnya akan tetapi semakin lama akan semakin terasa bahwa akan sulit bernafas melalui hidung.
2.    Selain sulit bernafas karena jalan keluar masuknya udara tertutup akan tetapi juga akan berpengaruh pada fungsi indra penciuman pada hidung, penderita akan merasakan penurunan pada fungsi indra penciuman.
3.    Saat awal terbentuknya polip, polip akan terbentuk seperti air mata yang berada didalam lubang hidung. Dan akan berubah menjadi berwarna keabu-abuan setelah matang.
4.    Pada penderita polip hidung akan mengalami peningkatan produksi lendir atau ingus, akan tetapi berwarna bening.
5.    Penderita juga akan merasakan seperti yang menekan dinding hidung dari dalamkarena adanya benjolan yang tumbuh.
6.    Yang terakhir mungkin yang paling menakutkan adalah akan keluarnya darah pada hidung atau mimisan, akan tetapi kasus ini akan jarang ditemuai. Ini ditemui apabila polip sudah terlanjur parah.

Cara pengobatan polip hidung

    Polip merupakan penyakit yang mudah untuk kambuh dan tumbuh lagi. Obat yang disarankan adalah untuk mengurangi ukuran agar menjadi lebih kecil atau memperlambat pertumbuhanya. Berikut obat atau ramuan alami untuk mengobati polip atau tumot hidung.

Ramuan tradisional alami untuk polip hidung yang pertama.
    Siapkan sekitar 7 lembar daun sirih, daun cemara satu gengam orang dewara dan satu ruas kunyit. Cuci semua bahan sampai bersih, untuk kunyit juga dikupas kemudian diparut. Kemudian ketiga bahan tersebut direbus dengan air sebanyak 10 gelas. Setelah mendidih tunggu sekitar beberapa menit agar air sedikit berkurang. Kemudian pindahkan air kedalam baskom lalu uap airnya dihirup. Caranya muka dari penderita titempatkan diatas air ramuan tersebut kemudian bersama kepala penderita ditutup dengan handuk, bertujuan agar uap mengarah kehidung penderita untuk dihirup. Lakukan langkah tersebut 2 kali dalam sehari pada pagi hari dan malam hari.

Baca juga : Rambut anda berminyak, maka ini solusinya

Ramuan tradisional alami untuk polip yang kedua
    Siapkan 15 gram sambiroto dan 50 gram temu putih. Cuci kedua bahan, untuk temu putih dikupas. Kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan air sekitar 700 cc. Rebus terus sampai air mendidih dan air tingal setengah dari jumlah awal. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum ketika masih hangat. Lakukan langkah tersebut 2 kali dalam sehari secara rutin.

    Itulah ulasan tentang mengenal penyakit polip hidung atau tumor dan cara pengobatanya secara alami. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔