Mengenali Penyebab Dan Tips Mencegah Mata Rabun/Minus

03.59

    Mengenali penyebab dan tips mencegah mata rabun/minus. Memiliki mata yang sehat adalah dambaan bagi semua orang. Dengan memiliki mata yang sehat semua aktifitas yang kita lakukan tentunya tidak akan terganggu. Bahkan pada zaat ini mata sudah menjadi tren fashion, banyak fashion yang menghias mata untuk tampil lebih menarik. Akan tetapi ada banyak sekali bahaya yang mengancam mata kita apabila kita kurang merawatnya. Apalagi dizamam elektronik seperti saat ini, bahaya radiasi yang ditimbulkan dari berbagai barang elektronik yang dapat merusak mata. Salah satunya yaitu mata minus, yaitu kondisi dimana mata seseorang saat melihat obyek yang jauh pandangannya tidak jelas atau kabur. Itu tentunya akan sangat menganggu, untuk itu kita harus merawat mata kita agar jangan sampai terkena mata rabun/minus.

Mengenali penyebab

Mengenali penyebab dari mata minus sangatlah penting. Dengan mengenali apa saja yang menyebabkan mata minus, kita akan bisa menghindari hal-hal tersebut agar mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata minus. Berikut beberapa penyebab mata minus:

1.    Kurangnya nutrisi untuk mata
Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan mata akan membuat organ-organ pada mata tidak bisa berfungsi dengan baik.

2.    Kebiasaan pola hidup yang tidak sehat
Kebiasaan-biasaan yang tidak sehat yang dapat merusak mata menjadi faktor utama penyebab mata minus. Kebiasaan tersebut contohnya, membaca buku ketika cahaya redup, mambaca sambil tidur, mambaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan masih banyak lagi lainya.
3.    Radiasi elektronik

Barang elektronik menyebarkan radiasai yang tidak baik untuk mata, kususnya layar televisi, komputer dan hand pone. Kebiasaan menonton tv terlalu dekat, didepan komputer terlalu lama dan tampa istirahat, dan melihat hp ditempat yang gelap akan membuat mata terkena radiasi dan lelah sehinga mata akan rusak dan akhirnya menyebabkan mata minus.

4.    Lingkungan yang tidak sehat
Terlalu sering dilingkungan atau tempat yang tidak sehat seperti jalan raya yang banyak debu dan polusi, air yang tercemar, akan mempengaruhi kesehatan mata. Saat mata terkena kotoran dan zat yang berbahaya tentunya mata akan sakit dan rusak.

5.    Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
Penelitian menunjukan bahwa terlalau banyak mengkonsumsi makanan manis terutama gula akan menganggu mata kita.

Tips pencegahanya

1.    Penuhi nutrisi untuk mata
Salah satu penyebab terjadinya mata minus adalah karena tidak berfungsinya bagian-bagian mata dengan baik karena kekurangan makanan atau nutrisi yang dibutuhkan. Untuk itu agar mata tetap sehat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya kita harus slalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkanya. Untuk menutrisi mata agar tetap sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Antara lain yaitu wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan juga sayuran-sayuran hijau.

2.    Jaga jarak saat didepan layar televisi
Saat kita menonton televisi terlalu dekat akan membuat mata kita bekerja keras dan terkena radiasi dari layar televisi. Itu akan membuat mata kering dan dipaksa bekerja dengan keras, akibatnya mata akan lelah dan rusak. Cara yang aman saat menonton televisi agar terhindar dari mata minus adalah dengan mengatur jarak minimal 3 meter dari layar televisi dan mengistirahatkan mata 30 menit sekali selama 1 menit dengan memandang obyek yang jauh.

3.    Istirahatkan mata saat berada didepan komputer terlalu lama
Ini sepertihalnya televisi, akan tetapi saat didepan komputer tentunya kita tidak bisa menjaga jarak terlalu jauh dari lauar komputer. Jadi untuk mengatasinya agar mata tetap sehat dan terhindar dari mata minus adalah denga mengistirahatkan mata sesering mungkin, yaitu saat kita memandang layar komputer selama 20 menit lakuakan istirahat dengan memandang obyek yang jauh selama 30 detik. Itu akan membuat mata rilek dan terhindar dari mata minus. Selain itu saat memandang layar komputer usahakan sesering mungkin untuk mengedipkan mata agar mata tidak terlalu kering.

4.    Biasakan kebiasaan sehat saat belajar atau membaca buku
Belajar atau membaca buku dengan pencahayaan yang terlalu redup dan membaca sembil tiduran sangatlah tidak baik untuk kesehatan mata, karena dapat menyebabkan mata minus. Untuk itu agar mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata minus yaitu usahakan saat membaca buku cahaya untuk penerangan dalam keadaan cukup, tidak terlalu redup atau terlalu terang. Selain itu jangan biasakan membaca buku dengan tiduran karena oksigen dan darah tidak bisa mengalir dengan lancar kemata. Oleh sebab itu saat kita membaca buku sebaiknya dengan posisi duduk atau berdiri, dan jangan terlalu dekat antara mata dengan buku, berikan jarak minimal 30 cm.

5.    Hindari debu dan polusi
Untuk anda yang setiap harinya dilingkungan yang membunyai banyak debu dan polusi seperti jalan raya dan pabrik sebaiknya mengunakan pelindung mata seperti kaca mata agar debu atau kotoran dan zat yang berbahaya tidak masuk kemata. Karena dapat membuat mata infeksi dan merusak permukaan mata.

Itulah ulasan tentang mengenali penyebab dan tips mencegah mata rabun/minus. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacany. Dan apabila masih banyak kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔