Mengenali Penyebab Dan Cara Cepat Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

23.23

    Mengenali penyebab dan cara cepat mengobati sariawan dengan bahan alami. Sariawan adalah luka pada mulut yang biasanya berbentuk bulat dengan permukaan agak cekung dan berwarna putih agak kekuning-kuningan. Sariawan bisa saja menyerang siapasaja, dari mulai anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Mungkin memang bukan suatu penyakin yang mematikan atau serius, tapi apabila kita tengah merasaakan sariawan hal ini pasti sangat mengangu. Ini bisa saja menyakitkan dan menganggu aktivitas makan, seperti saat  mengunyah dan menelan makanan.
    Tapi sebelum kita membahas cara mengobati sariawan lebih lanjut alangkah baiknya kita lebih mengenali penyebab dari sariawan agar sebelum kita terkena kita bisa mengantisipasinya. Karena tentunya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Langsung saja berikut adalah beberapa penyebab sariawan.

1.    Kekurangan vitamin/nutrisi
Penyebab paling sering terjadinya sariawan adalah tubuh kita kekurangan vitamin/nutrisi seperti, Vitamin C, Vitamin B12, B1, B2, B6, asam float, dan zat besi.

2.    Faktor genetik
Walopun pada kasus ini bisa dibilang jarang, tp tidak ada kemungkinan itu adalah kita. Saat salah satu dari orang tua kita ada yang sering terkena sriawan maka anaknya akan ada kemungkinan besar juga mengalaminya.

3.    Bakteri
Bakteri sering menjadi penyebab terjadinya sariawan. Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri bisa memicu munculnya sariawan. Biasanya diakibatkan karena kurang memperhatikan kebersihan mulut, seperti jarang mengosok gigi, jarang berkumur dan lain-lain.

4.    Merokok
Tentu tidak asing lagi bahwa rokok merupakan biang penyakit. Sebab dengan merokok akan banyak zat-zat yang merugikan untuk tubuk kita, sehinga akan memicu munculnya sariawan, apalagi asap rokok akan langsung mengenai permukaan kulit mulut kita.

5.    Obat-obatan
Obat-obattan atau produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita bisa menadi salahsatu penyebab sariawan. Obat-obatan yang mengandung zat-zat yang berbahaya seperti, beta blockres, nocorandil.

6.    Luka karena kontak fisik
Saat mulut mengalami luka seperti tergigit saat makan atau ngobrol, terkena sikat gigi dan lain-lain. Walopun awalnya lukanya kecil itu bisa membesar dan menyebabkan sariawan karena terserang bekteri.

      Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kita terkena sariawan. Oleh sebab itu kita harus menghindari hal-hal tersebut agar kita tidak terkena sariawan. Perbanyak mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, hati-hati memilih obat-obat kesehatan, dan hati-hati saat makan atau berbicra agar tidak luka karena tergigi atau sebagainya.

      Seletah mengetahui penyebab-penyebab sariawan, saya akan berbagi tips cara cepat mengobati sariawan dengan bahan alami. Agar apabila kita sudah terkena sariawan bisa dengan cepat mengobati/menangani agar tidak tergangu. Kenapa mengunakan bahan alami,? Karena tentunya bahan alami akan lebih aman dibandingkan dengan obat yang menngunakan bahan kimia.

    Tidak usah berbasa-basi lagi, langsung saja berikut adalah bebrapa obat sariawan dengan bahan alami.

1.    Kunyit
Rempah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi betapa banyaknya manfaatnya, selain dibuat bumbu masakan dan untuk menyembuhkan penyakit lambung, ternyata kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya adalah siapkan bebrapa ruas kunyit yang sudah dicuci bersih. Kemudian kunyit diparut menjadi seperti pasta, setelah halus oleskan parutan kunyit tersebut kebagian luka sariawan.

2.    Madu dan minyak kelapa
Caranya adalah dengan mencampurkan kadu dan minyak kelapa kemudian dioleskan kebagian luka sariawan. Kedua bahan tersebut akan mematikan bakteri yang terdapat pada luka sehinga sariawan akan sembuh. Oleskan campuran bahan tersebut sebelum tidur dan sesudah makan.

3.    Bawang putih dan pepaya
Kedua bahan tersebut memiliki zat yang dapat mematikan bakteri dan menyembuhkan luka dengan cepat. Sehinga kedua bahan tersebut sangatlah cocok untuk mengobati sariawan. Caranya adalah kedua bahan tersebut dihaluskan dan dicampurkan kemudian bahan yang sudah dihaluskan dioleskan atau ditempelkan dibagian luka sariawan.

4.    Pisang dan madu
Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, pisang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan madu. Setelah itu campuran dua bahan tersebut dioleskan kebagian luka sariawan. Itu akan membantu mencegah sariawan meradang dan menyembuhkanya.

5.    Konsumsi buah-buahan
Penyebab sariawan salah satunya adalah karna kekurangan Vitamin, seperti yang sudah dibahas pada penyebab sariawan diatas. Oleh sebab itu kita harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi nutrisi agar sariawan tidak lagi menyerang dan cepat menyembuhkan sariawan.

      Demikianlah artikel mengenali penyebeb dan cara cepat mengobati sariawan dengan bahan alami. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat. Dan apabila masih banyak kesalahan saya minta maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔