Tips agar terhindar dari berbagai penyakit saat musim hujan

19.54
    Tips agar terhindar dari penyakit saat musim hujan. Kali ini saya ingin berbagi bagaimana agar kita bisa terhindar dari berbagai penyakit saat sedang musim penghujan seperti saat ini. Cuaca yang semakin tidak menentu, hujan yang bisa datang terus-menerus atau kadang panas trus tiba-tiba hujan menyebabkan tubuh kita harus bekerja keras untuk beradaptasi. Akibatnya apabila tubuh kita kurang siap menghadapi semua itu, akan menimbulkan berbagai penyakit yang bisa menyerang seperti flu, pusing, batuk, radang tengorokan, masuk angin, diare, demam berdarah, dan lain sebagainya.

    Penyakit bisa juga datang dari orang yang berada di sekitar kita. Untuk itu agar kita terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya kita harus menjaga tubuh kita agar selelu fit dan bisa bertahan dalam kondisi cuaca apapun. Dan juga melakukan kiat-kiat agar penyakit itu tidak bisa menyerang atau menular pada kita. Langsung saja, berikut adalah Tips agar terhindar dari penyakit saat musim hujan.

1.    Hangatkan tubuh
Saat sedang musim dingin atau hujan seperti ini usahakan tubuh kita selalu dalam keadaan hangat. Jangan biarkan tubuh kita kedinginan karena itu menbuat tubuh kita harus bekerja keras dan akibatnya kita bisa sakit. Selalu siapkan baju hangat saat ingin pergi dan kenakan asesoris yang dapat menghangatkan tubuh kita. Selain itu kosumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh kita dari dalam seperti jahe dan minuman-minuman hangat lainya.

2.    Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Saat tubuh kita mendapatkan asupan gizi yang cukup tentunya tubuh akan bisa bekerja dengan maksimal dan mempunyai daya tahan yang bagus. Sehinga tubuh kita dapat beradaptasi dengan baik dengan keadaan dan menangkis berbagai penyakit yang dapat menyerang, maka untuk itu perbanyaklah makan yang bergizi, mudahnya 4 sehat 5 sempurna.

3.    Rutin berolah raga
Saat musim penghujan seperti ini kita sering malas berolahraga, kita sering memilih untuk bermalas-malasan didalam rumah. Padahal dengan berolahraga tentunya daya tahan tubuh kita akan meningkat dan racun-racun yang ada didalah tubuh kita dapat terbawa keluar bersama keringat yang kita keluarkan. Olah raga juga bermanfaat menjaga agar tubuh ita tetap fit, dan itu semua bisa menghindarkan kita dariberbagai penyakit yang mungkin dapat menyerang.

4.    Segera mandi setelah kehujanan
Saat kita kehujanan suhu tubuh kita mengalami perubahan suhu yang drastis, dan pada saat itu penyakit akan mudah berkembang pada tubuh kita. Dengan mandi setelah kehujanan bisa membantu menstsbilkan suhu tubuh kita. Suhu tubuh kita yang sebelumnya dingin akibat air hujan akan perlahan berubah kesuhu normal, apalagi apabila mandinya mengunakan air hangat itu akan lebih baik dan lebih cepat dalam pengembalian suhu normal. Mandi juga berfungsi untuk membuang virus dan bakteri yang bersarang pada tubuh kita yang dibawa oleh air hujan.

5.    Istirahat yang cukup
Apabila kita kurang istirahat atau tidur selama musim penghujan akan meningkatkan resiko terserang penyakit. Selain itu kurang tidur akan menyebankan tubuh kita tidak fit. Dengan tidur yang cukup akan meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang, dan menjaga tubuh kita tetap dalam keadaan fit. Untuk tidur yang baik adalah 6 jam dalam sehari dengan keadaan tidur yang nyenyak.

6.    Selalu menjaga kebersihan
Yang dimaksud menjaga kebersihan disini adalah menjaga kebersihan lingkungan dan bagian tubuh kita. Lingkungan yang bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Dimusim penghujan seperti ini masalah penyakit yang timbul akibat lingkungan yang tidak bersih adalah demam berdarah. Itu diakibatkan nyamuk dapat berkembang biak dengan baik akibat lingkungan yang tidak sehat, terdapat benyak genangan air yang bisa digunakan nyamuk untuk berkembang biak. Oleh sebab itu tutuplah lubang atau alat-alat yang dapat menyebabkan genangan air, selain itu juga rutin menguras tampungan air.
Selain lingkungan kita juga harus menjaga kebersihan tubuh kita agar terhindar berbagai virus dan bakteri yang menempel. Kita harus sering-sering mandi ketika setelah keluar rumah. Selain itu juga sering-sering mencuci tangan setelah dari tempat umum, setelah menyentuh barang apapun, setelah menyentuh hewan, dan sebelum makan.

7.    Selalu bawa perlengkapan hujan
Perlengkapan hujan seperti jas hujan dan payung adalah alat wajib yang kita harus bawa ketika musim penghujan. Kita akan mudah terserang penyakit saat suhu tubuh kita mengalami perubahan yang drastis akibat kehujanan. Maka untuk terhindar dari berbagai penyakit kita harus membawa aksesoris tersebut agar tidak terkena hujan secara langsung dan basah kuyup. Mungkin memang agak ribet, tapi itu sangat evektif untuk menghindari dari berbagai penyakit yang mungkin menyerang.

      Itulah artikel tentang Tips agar terhindar dari penyakit saat musim hujan. Kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan kita saat musim dingin, karena apabila kita sekit akan mengangu aktifitas kita. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca agar terhindar dari bebrabai penyakit yang dapat menyerang, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔