Tips Meningkatkan Kemampuan (Mempertajam) Indra Penciuman

00.56

    Tips meningkatkan kemampuan (mempertajam) indra penciuman. Banyak orang mengalami penurunan kinerja indra penciuman, kemampuan indra penciumanya kurang tajam. Padahal hidung dan indra penciuman sangatlah dibutuhkan oleh manusia, dan apabila sampai fungsinya menurun aktifitas yang dilakukan sehari-hari dapat terganggu. Selain itu kemampuan indra penciuman yang berkurang akan mempengaruhi kenikmatan dalam kita menikmati makanan. Rata-rata indra penciuman manusia normal dapat membendakan 10.000 jenis bau yang berbeda. Untuk itu agar kita bisa terhindar dari masalah karena kemampuan indra penciuman yang menurun, dan memiliki indra penciuman yang bisa berguna maksimal sebagainana mestinya. Untuk itu saya akan berbagi tips meningkatkan kemampuan (mempertajam) indra penciuman.
1.    Hindari pengonsumsian zat-zat yang dapat menurunkan indra penciuman
Kemampuan penciuman menurun diakibatkan karena pengonsumsian zat-zat yang merusak tubuh kususnya pada bagian indra penciuman. Zat-zat tersebut biasanya terkandung pada makanan atau minuman yang kita konsumsi. Seperti obat-obat flu dan penurun demam, rokok, alkohol. Zat-zat yang berbahanya yang terkanndung didalamnya akan bercampur dengan darah dan mengalir kebagian-bagian indra penciuman sehinga merusak indra penciuman. Untuk itu kirangilah rokok dan alkohol, bahkan sebisa mungkin hentikan mengkonsumsi rokok dan alkohol. Selain itu jangan gunakan obat flu dan demam sembarangan, gunakan obat yang hanya dianjurkan oleh dokter.

Baca juga : Tips cara menghilangkan bulu secara permanen

2.    Hindari makanan penyebab perduksi lendir atau ingus berlrbih
Saat hidung kita terdapat atau bahkan dipenuhi oleh cairan, tentunya kemampuan indra penciuman untuk membedakan bau akan terganggu. Pada kasus ini sama pada saat kita terkena flu, hidung akan tersumbat oleh cairan ingus dan kemampuan indra penciuman menurun. Pada saat sehat pun hidung bisa saja terdapat cairan yang dapat menutupi hidung karena mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Makanan-makanan tersebut antara lain, es krim, makanan pedas atau sambel, yoghurt dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, hindarilah makanan-makanan atau minuman tersebut, agar indra penciuman kita bisa berfungsi maksimal, khususnya keteika sedang terkena flu, agar cairan pada hidung tidak bertambah banyak dan tambah menganggu fungsi indra penciuman.

3.    Hindari tempat yang berbau busuk dan bahan yang memiliki aroma yang tajam
Paparan bau busuk yang terlalu sering, bahkan menjadi keseharian dihirup oleh hidung dapat menyebabkan hidung akan beradaptasi dan lama kelamaan akan terasa biasa saja, hidung tidak merasakan lagi bahwa itu bau yang busuk karena hidung sudah berubah. Untuk itu hindari bertempat tingal dilingkungan yang memiliki bau busuk seperti, tempat pembuangan akhir, pingir sungai yang kotor, limbah pabrik, lan tempat-tempat lainya.
Hal lain yang dapat mempengaruhi kualitas indra penciuman kita yaitu paparan bau yang terlalu tajam dan pemakainya yang terlalu sering. Contoh baunya yaitu farfum yang terlalu menyengat, obat nyamuk semprot, pembersih lantai, pemutih pakaian, dan lain sebagainya. Bau yang terlalu menyengat akan memaksa sensor hidung bekerja keras, efeknya sensor pada indra penciuman lama-kelamaan akan rusak. Untuk itu, sebaiknya memilih bahan ingin gunakan yang sifat baunya tidak terlalu menyengat dan menyiksa hidung kita. Gunankan bahan yang sifatnya lebih alami yang menyegarkan hidung.

Baca Juga : Anda punya bekas luka pada wajah, inilah solusinya

4.    Belajar untuk lebih sering membedakan bau atau aroma
Belajar untuk mengenali dan mengingat bau sangatlah berguna untuk mempertajam indra penciuman. Indra penciuman bagaikan pisau yang apabila sering digunakan dan diasah akan tajam dan apabila tidak diasah makan akan tumpul. Belajarlah untuk mendeskripsikan benda-benda atau zat yang sudah anda cium. Kemudian bedakan kembali benda-benda tersebut dengan mata tertutup. Latihlah juga penciuman anda dengan mengenali suatu bau, kemudian latihlah seberapa jauh hidung anda bisa mencium. Ini seperti latihan konsentrasi, semakin anda konsentrasi maka makin jauh jarak anda bisa mencium suatu bau.

5.    Berolahraga dan penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Olehraga dan dan memberikan nutrisi yang cukup pada tubuh akan membuat tubuh atau bagian-bagian tubuh kita akan berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan indra penciuman, saat diberikan nutrisi yang cukup dan keadaan badan yang fit maka fungsi indra penciuman akan baik. Untuk itu jagalah agar tubuh tetap sehat dan fit dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan berolehraga dengan teratur.

Inilah solusi ampuh bagi anda yang mempunyai masalah dengan rambut rontok
Obat sakit pingang paling mujarab
Punya masalah dengan perut buncit, inilah solusi yang paling tepat buat anda

Demikianlah ulasan tentang 5 tips meningkatkan kemampuan (mempertajam) indra penciuman. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf, terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔