Tips Tepat Menjaga Kesehatan Hidung Pada Orang Dewasa

00.39
    Tips tepat menjaga kesehatan hidung pada orang dewasa. Hidung adalah bagian tubuh atau indra yang sangat penting bagi manusia. Hidung adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk jalur keluar masuknya udara dan sebagai indra penciuman. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan hidung. Karena apabila sampai kurang menjaga kesehatanya akan banyak berbagai masalah yang timbul. Biasanya masalah yang timbul adalah sinusitis, peradangan hidung, infeksi pada hidung, flu, dan masih banyak lagi. Selain akan timbul berbagai penyakit, masalah lain yang paling penting yang akan timbul ketika kita kurang menjaga kesehatannya yaitu, tergangunya fungsi hidung sebagai organ pernafasan ataupun sebagai indra penciuman.
    Kurangnya perawatan kesehatan pada hidung akan mudah selaki terserang berbagai virus dan kuman. Berbagai kotoran yang terdapat pada hidung dapat menimbulkan berbagai masalah pada indra kita yang satu ini. Oleh sebab itu disini saya akan berbagi tips tepat menjaga kesehatan hidung pada orang dewasa agar hidung kita selalu sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Tips Untuk Haji Dan Umrah Sehat

1.    Hindari debu dan polusi
Salah satu penyebab masalah atau penyakit pada hidung adalah kotoran seperti debu dan polusi. Untuk itu agar hidung tetap bersih dan terhindar dari berbagi masalah kita harus menjaga hidung agar terhindar dari debu dan polusi. Caranya dengan menghindari tempat yang banyak debu dan polusi seperti pabrik, jalan raya, tambang,pembuatan mebel dan tempat-tempat lain sebagainya. Dan apabila dengan terpaksa anda mengunjungi tempat-tempat tersebut sebaiknya adna mengunakan masker agar kotoran tidak masuk kehidung, dan hidung teteap terjaga kebersihanya.

2.    Jaga kebersihan hidung dengan rutin dan cara yang tepat
Hidung secara garis besar memiliki dua bagian yaitu bagian dalam dan bagian luar. Bagian luar biasanya disebut dengan piramida hidung. Sedang hidung bagian dalam terdiri dari dua lubang yang dibatasi oleh selaput atau kulit yang bernama septum. Dan didalam lubang hidung terdapat lapisan muklosa, kelenjar muklosa, silia, pembulu daran dan juga ujung syaraf pembau. Dan yang berperan sebagai sistem pertahanan pada hidung adalah silia dan juga kelenjar muklosa. Apabila kedua bagian tersebut kurang dijaga kesehatannya dan mengalami masalah, mka tubuh akan sangat mudah sekali terserang berbagai penyakit.
Pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian dalam pada hidung. Saat kita bernafas, udara yang masuk dalam tubuh akan disaring oleh bulu hidung. Oleh sebab itu tentunya akan banyak sekeli debu atau kotoran yang menempel atau berada dibulu hidung. Untuk itu agar tidak menghambat proses pernafasan kita harus membersihkanya. Cara membersihkanya adalah dengan mengunakan kain tipis yang mempunyai tekstur yang halus atau tisu basah. Tisu basah atau kain yang sudah dibasahi dengan air bersih digunakan untuk mengorek bagian daam hidung secara hati agar tidak merusak bagian-bagian hidung.
Selain dengan mengunakan kain dan tisu, untuk membersihkan bagian dalam hidung juga dapat dilakukan dengan mengunakan air laut. Diketahui bahwa kandungan yang terdapat pada air laut sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hidung bagian dalam. Caranya sangatlah mudah, yaitu sama seperti saat kita sedang wudhu. Yaitu menghirup air laut yang sudah disaring bersih dengan mengunakan hidung kemudian mengeluarkannya kembali dengan cara dihentakan melalui hidung kembali. Itu akan membantu membersihkan kotoran yang berada didalam dan mengembalikan kelembaban hidung. Selain itu gunakan juga air laut untuk membasahi kain yang digunakan untuk membersihkan hidung seperti bagian diatas, bedanya air biasa digantikan dengan mengunakan air laut.
Yang kedua yang harus dibersihkan adalah hidung bagian luar atau piramida hidung. Saat kita beraktifitas tentunya akan memunculkan minyak dan menempelnya berbagai kotoran atau debu. Dan apabila tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan masalah seperti komedo dan jerawat. Oleh sebab itu kita harus rutin-rutin membersihkan hidung dengan cream pembersih dan sering cuci muka atau hidung. Selain itu gunakan juga air hangat untuk membersihkan kotoran yang berada didalam pori-pori kulit. Membasuh muka atau hidung dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit sehinga kotoran yang berada didalam pori-pori dapat dengan mudah dikeluarkan atau dibersihkan.

Baca Juga : Amalan Agar Cepat Naik Haji

3.    Hindari kebiasaan mengorek hidung dengan mengunakan jari
Kebiasaan yang satu ini memang sudah sangat sering terjadi dimasyarakat. Tapi taukah anda bahwa kebiasaan mengorek hidung mengunakan tangan sangatlah tidak baik dan tidak dianjurkan. Tangan sangat mudah sekali dihingapi kuman, bakteri ataupun virus. Dan kuman atau bekteri yang menempel pada tangan atau jari akan sangat mudah sekali berpindah dan menimbulkan masalah pada hidung, seperti timbulnya penyakit.oleh sebab itu bisakan untuk tidak mengorek hidung dengan jari agar terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Inilah cara merawat mata kita agar tetap sehat
Pengen punya rambut yang subur dan lebar, inilah solusi buat anda
Pengen punya badan yang tinggi, coba cara sehat ini

Itulah ulasan tentang tips tepat menjaga kesehatan hidung pada orang dewasa. Hidung yang sehat dan berfungsi sebagai mana mestinya adalah harta yang sangat berharga bagi manusia. Untuk itu harus menjaga kesehatan hidung sebaik-baiknya. Karena tentunya menjaga agar masalah atau penyakit tidak timbul akan lebih baik dibandingkan harus mengobati atau menyelesaikan masalah yaang sudah timbul. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan apabila masih banyak kesalahandan kekurangan saya mohon maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔