Tips sehat terhindar dari flu dimusim dingin secara alami

23.08
    Tips sehat terhindar dari flu dimusim dingin secara alami. Saat kita membahas musim dingin, kita slalu berfikur bahwa penyakit yang paling banyak muncul adalah flu. Dimana musim dingin atau penghujan datang penyakit ini pun mulai menyerang. Flu atau influenza adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus RNA dari family orthomyxoviridae. Penyakit ini sangat mudah sekali menular, bahkan hanya dengan melalui udara. Gejala dari penyakit ini adalah, bersin-bersin, hidung mampet, badan demam, nyeripada tengorokan, kepala berat, batuk-batuk dan rasa yang tidak nyaman.

    Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, akan tetapi apablia kita sampai mengalaminya tentunya akan mengangu aktifitas kita dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Untuk itu saya akan berbagi tips sehat terhindar dari flu dimusim dingin secara alami agar kita bisa terhindar flu.

1.    Menjaga kebersihan
Flu adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus. Dan virus dapat menular dari mana saja, salah satunya adalah dari tangan. Karena tangan yang paling sering kontak langsung dengan orang lain dan benda-benda lain seperti telfon, gelas, dan gagang pintu yang bisa saja menempel virus yang dapat menyebabkan flu. Untuk itu rajin-rajinlah untuk mencuci tangan setelah memegang benda, mau makan, setelah kontak langsung dengan orang lain dan ketika ingin memegang bagian wajah. Gunakan sabun agar virus benar-benar mati, atau bisa juga mengunakan tisu basah yang mengandung antiseptik.

2.    Gunakan masker
Salah satu cara penularan dari flu adalah melalui udara. Untuk itu agar tidak tertular dari penderita lain sebaiknya mengunakan masker ketika berada dilingkungan penderita flu atau berbicara dengan orang lain yang menderita flu.

3.    Hindari rokok dan alkohol
Agar terhindar dari flu salah satunya adalah menghindari yang namanya rokok. Karena dengan merokok dapat menurunkan fung si dari cilia. Cilia adalah rambut-rambut halus yang berada pada hidung yang berfungsi menyaring kuman dan virus dari udara yang kita hirup sebelum masuk keparu-paru. Begitu juga dengan alkohol, mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan kekebalan tubuh. Sehinga apabila kita mengkonsumsi alkohol akan mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuh kita lemah dan tidak kuat untuk melawan virus.

4.    Olah raga teratur dan tidur cukup
Virus tentunya akan sangat mudah menyerang tubuh kita ketika tubuh kita tidak fit. Untuk itu agar terhindar dari flu kita harus menjaga tubuh kita selalu fit dalam keadaan apapun. Dan agar tubuh kita selalu dalam keadaan fit kita harus rajin berolah raga dan istirahat dengan cukup. Agar tubuh tetep fit lakukan olehraga teratur setiap harinya minimal setengah jam dipagi hari atau pada sore hari. Kemudian lakukan juga istirahat yang cukup. Untuk istirahat yang baik adalah 6 jam dalam sehari dengan keadaan tidur yang nyenyak.

5.    Penuhi kebutuhan nutrisi
Agar terhindar dari flu salah satunya dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Dan kekebalan tubuh dapat diperoleh dengan cara memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nutrisi diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Untuk itu penuhi nutrisi tubuh kita dengan makanan yang sehat seperti sayur, buah-buahan dan susu.

6.    Jaga tubuh tetep hangat
Saat tubuh kita kedinginan daya tahan tubuh kita menurun. Untuk itu agar terhindar dari flu yang menyerang yaitu dengan menjaga tubuh tetap hangat. Dimusim penghujan seperti saat ini tentunya udara sangatlah dingin, untuk itu agar tetap hangat gunakan pakean yang tebal. Gunakan selimut saat didalam rumah dan gunakan jaket, celana panjang, dan syal saat keluar rumah. Sediakan juga peralatan hujan agar kita tidak kehujanan dan kednginan. Dan gunakan air hangat saat mandi agar tidak kedinginan.

7.    Konsumsi makanan dan minuman hangat
Untuk menjaga tubuh tetap hangat dari dalam caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman hangat. Seperti sub, minuman dari jahe, dan lain sebagainya.

      Itulah ulasan tentang tips sehat terhindar dari flu dimusim dingin secara alami. Tentunya mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Karena tentunya aktifitas kita tidak akan tergangu dan tidak mengeluarkan lebih banyak uang untuk berobat. Ssemoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk para pembaca. Dan apabila masih terdapat banyak kesalahan saya minta maaf. Terimakasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔